LPMP ACEH

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN ACEH

Gempa 6,4 SR Hancurkan 82 Sekolah di Pidie Jaya

Gempa 6,4 SR Hancurkan 82 Sekolah di Pidie Jaya

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan berangkat ke Aceh untuk melihat fasilitas pendidikan di sana setelah gempa. Ia memastikan, pemerintah segera memperbaiki fasilitas pendidikan yang rusak akibat gempa.

Gempa kekuatan 6,5 terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, pukul 05.03.35 WIB, Rabu 7 Desember. Pagi ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut bencana itu menewaskan 102 orang.

Muhadjir mengaku prihatin dengan kondisi di Aceh. Dia akan meninjau langsung sarana pendidikan yang terdampak gempa dan para guru yang jadi korban.

“Kami berupaya agar sekolah yang rusak segera diperbaiki dan kami juga akan mendirikan sekolah darurat,” kata Muhadjir di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Staf Khusus Kementerian Pendidikan Bidang Komunikasi Publik Nasrullah mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengupayakan sekolah darurat. Pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial untuk penanganan media korban dan terapi trauma.

“Semua sekolah dampak gempa jadi prioritas revitalisasi pembangunan sekolah,” lanjut Nasrullah.

camerazoom-20161209081658431

Salah satu bagian bangunan SDN Mesjid Trienggadeng.

Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, menyatakan 39 unit bangunan sekolah dari berbagai jenjang rusak akibat gempa. Lima di antaranya rusak parah.

Bangunan sekolah yang rusak akibat gempa, yakni 19 sekolah dasar, 11 SMP, satu unit SMA, tiga unit SMK, dan lima taman kanak-kanak. Sedangkan korban meninggal akibat gempa dari kalangan pendidik, yakni seorang guru SD, seorang guru TK, seorang pesuruh sekolah, dan seorang siswa.

 

camerazoom-20161208141618607

SMK Bandar Baru, keseluruhan bangunannya tidak dapat dipakai lagi

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan